Jumat, 18 Maret 2011

Candi Ijo, bikin pembangunan bandara terbatasi

Pertama kali tau informasi di sebuah blog yang jujur aku lupa, karna nyarinya udah lama dan gak sengaja. Yang aku inget itu blognya cewek yang melakukan perjalanan ke Candi ini dengan mobil Honda Jazz warna merah. Katanya candi ini ada di atas bukit, gak jaoh dari Candi Boko. Tapi karna di atas bukit ya jelas medannya cukup berat, menanjak!! Yang bikin menarik tu katanya gara2 ada candi di atas bukit ini, pelebaran landasan Bandara Adi Sucipto jadi terbatasi. Kan Candi gak boleh di pindah2 letaknya, ada dendanya tuh..

Sempat sih ngajak temen, tapi kayaknya gak ada yang berminat ikut. Ya udah bermodal artikel di blog tadi, aku nekat berangkat sendiri dengan motor Honda Astrea Grand. Hari itu, Selasa 8 September 2009, hari kosong karna gak ada jadwal kuliah. Jalur yang aku tempuh lewat jalur tengah sawah nembus ke Bogem, Kalasan. Di pertigaan Pasar Prambanan, sebelum Candi Prambanan belok ke kanan. Ntar kan ngelewatin Bukitnya Candi Boko tuh, terus aja.. Gak jaoh dari situ ada papan petunjuk masuk ke kiri, Candi Ijo. Masuk deh dengan pedenya, eh ada pertigaan yang cukup membuat bimbang. Biasanya sih aku pakek feeling kalo nyari jalan asing, tapi kali ini tanya warga aja deh.. Ternyata aku harus berbelok ke kiri, bukan lurus sesuai feelingku yang sok tau itu.

Habis belok ntar nemu rumah yang unik, tersusun dari lempengan batu kapur. Trus siap2 deh sama tanjakannya. Oya, daerah ini ternyata banyak pengusaha batu2 putih. Yang bikin aku miris, ada tebing yang terbuat dari kapur yang terus menerus di tambang, dengan kata lain di kikis. Lah ntar lama2 abis dong!!!
Sebenernya pemandangan seperti ini masih banyak, cuman gak sempet mengabadikan karena tepat di tanjakan. Lagipula kan aku belom tau letak pastinya candi ijo itu. Beneran dah, firasatku mulai gak enak waktu tanjakan berganti dengan turunan. Setelah beberapa kali turunan aku mulai gak nyaman, mending tanya aja deh.. Ternyata kata orangnya, udah kelewat jaoh mbak!! Weladalah… ternyata sangking menikmati pemandengan sampek gak keliatan kalo ada candi.
Jadi biar lain kali gak nyasar gini petunjuknya, candi ini letaknya di kiri jalan dari arah Prambanan, pas banget setelah semua tanjalan selesai. Ada sih papan petunjuknya, tapi cuman kecil nih

Seingatku ada dua orang penjaga yang ramah. Karna belum ada tiket resmi, jadi bayar seikhlasnya aja buat parkir sekalian. Lupa sih bayar berapa, 5rb kayaknya. Dari tempat penjagaan naik ke Candi utama yang sudah tersusun rapi. Ada satu candi besar dan 3 candi kecil yang masih2 berisikan lingga dan yoni.

Ni susunannya, 3 candi kecil menghadap ke candi besar:

Karna cuaca cuku panas, jadi aku berteduh di balik candi besar, tetep aja narsis..

Tiba2 aku teringat tulisan di blog tentang Bandara, pas banget salah satu penjaga yang berseragam satpam itu naik ke kompleks candi, langsung deh aku tanya. Ternyata emang bener tuh, bandaranya terlihat dengan mata normal dari sini. Tapi kamera hape Sony Ericsson W850i-ku gak cukup bagus untuk melihatnya.

Kata bapaknya, pemandangan terlihat bagus kalo lagi ada pesawat yang sedang lepas landas ataupun mau mendarat, sayangnya aku datang di saat yang tidak tepat. Jadi lain kali kalo mau kesini lewat Jalan Solo ya, liat jadwal pesawat dulu di Bandara Adi Sucipto, hehehe…

2 komentar:

  1. sebenernya candi ijo nggak bisa disalahkan juga dong, karena candi ijo pastinya sudah ada terlebih dahulu dibandingkan bandara.

    wina, kalo mau liat pesawat take off dan landing dari candi ijo coba deh sampe sana sekitar jam 3-5 sore. pasti banyak pesawat yang take off dan landing

    BalasHapus
  2. ya jelas lah candinya duluan, jaman dulu mana ada pesawat,hahaha..
    kalo sore biasanya udah mulai mendung sih..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...