Selasa, 27 Juli 2010

Survei Candi Boko

Pertanyaan pertama setelah membaca judul ini pastinya “Kenapa harus di survey?” Nah jawabannya ialah kami, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika (HMJTI) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta hendak melakukan acara pengakraban dalam rangka Hari Kasih Sayang ato kerennya Valentine Day. Ada dua tempat utama yang sudah direncanakan dan perlu di survey dahulu. Yang pertama jelas Candi Boko yang cukup dekat dari markas kita di Kampus Paingan yang dekat Stadion Maguwoharjo itu. Yang kedua yaitu Goa Cerme yang tentunya akan di bahas juga.

Karna cuman survey, jadi yang berangkat juga cuman dikit, nah kebetulan yang dua hari ini bisa yaitu Aku sendiri (yang selalu menyempatkan diri setiap ada touring), sahabatku Arum yang biasa di panggil Miss Klaten (baca: mis kleten, dengan logat English), Leo (programmer terhandal di angkatan 07) dan Dio yang sabar. Kendaraan tentunya motor, Aku sama Dio, Arum sama Leo. Rutenya Ringroad, Jalan Solo, pertigaan pasar Prambanan belok kanan. Gak jaoh dari situ di kiri jalan ada petunjuk lokasi parkir Ratu Boko. Tapi menurut petunjuk dari Kak Andre, kakak angkatan 06 yang udah pernah kesini sebelumnya, disuruh lewat jalur lain, jadi bisa parkir di atas. Jadi kita terus aja sampek ada jalan masuk ke kiri yang ada petunjuknya juga. Jalur ini khusus untuk motor atau mobil saja, karna jalannya sempit dan tentunya menanjak, karna kita menuju ke parkiran yang di atas.

Yang bikin sebel dari tempat ini yaitu tiket masuknya yang mahal, karna setaraf dengan Candi Borobudur dan Prambanan. Sekitar 8rb waktu itu, Februari 2009, sekarang kayaknya udah naik lagi. Untungnya biaya ini digantikan oleh panitia acara, kan niatnya survey. Tapi selain tiket, kita juga dikasih satu brosur tentang obyek ini. Dari parkiran ada beberapa komplek yang bisa di kunjungi, yang pertama kita menuju ke kompleks perkemahan. Cuman sekedar liat aja sih, gak ada rencana camping segala kok.



Dari brosur tadi tertulias kalo selain camping ground yang lengkap dengan fasilitasnya, ada juga Boko Trekking yang dimulai jam 3-9 pagi yang juga lengkap dengan pemandu dan fasilitasnya. Apa yang didapatkan? Tentunya pemandangan yang ‘katanya’, karna aku belum pernah merasakan, luar biasa indahnya. Intinya ngeliat sunrise yang keren gitu…
Kenyataannya yang kita lakukan cuman ngeliat prambanan dari kejauhan. Dari situ kita menuju restorannya yang disebut Plaza Andrawina, weitz… namaku kok dibawa2! Jadi tempat ini merupakan restoran yang ada panggung terbukanya, cocok banget buat pesta dengan kapasitas undangan kira2 500org. Bahkan ada beberapa paket yang ditawarkan disini, yang paling menarik tentunya Wedding Party, fotonya di brosur bikin mupeng(baca: muka pengen) banget!!! Tapi lagi2 kenyataannya cuman bisa foto2 sama ketiga temen surveiku ini.



Kalau diperhatikan dengan seksama, keliatan tuh awan gelap mengelantung di Utara(belakang foto kita). Gak lama kemudian ujan turun dueres banget, jadi restoran ini penuh orang yang cuman berteduh, bukan mau perta. Kenapa aku sebut banyak? Karna tiba2 masuklah serombongan cewek2 berseragam SMA, ternyata murid SMA Stella Duce 1 Jogja yg lagi study tour. Jadi ya berteduh sekaligus numpang dengerin guidenya, lumayan lah dapet informasi gratis (kulakukan di hamper setiap tempat wisata yang ada guidenya,hehehe..).
Setelah hujan reda, walaupun masih gerimiskita kembali ke halaman tadi, trus naik tangga ke arah kompleks candi yang sebenarnya.

Di sebelah kiri ada peta lokasinya juga.

Begitu sampai di samping peternakan kijang, kita terhalang hujan lagi, terpaksa berteduh di sebuah gapura.

Begitu reda, kita berjalan menuju gebang yang biasa buat tempat hunting para fotografer di Jogja.

Karna tidak ada kamera, ni cuman jepret pakek hape SE W850i yang jelas2 bukan spesialis buat mengabadikan momen indah, jadi gerbang megah ini kita lewati begitu saja. Setelah itu terbentang padang rumput yang hijau dan cukup luas yang katanya dulu merupakan alun-alun. Ada beberapa candi yang belum (atau bahkan tidak) tersusun.

Sayangnya kita mendapat cobaan berat disini. Karna habis hujan, lapangan ini becek, tapi karena ditumbuhin rumput jadi gak kelihatan kalo ada gengangan air. Padahal kita pakek sepatu,hua2… kudu pinter2 cari jalan ni.. Dari lapangan ini kita menuruni tangga menuju ke kompleks candi lainnya.

Tapi lagi2 kita dipermainkan oleh hujan, karna kondisi cukup lapar juga, jadi kita memilih berteduh di sebuah warung yang masih ada di kompleks candi. Warungnya cuman kecil dan kurang higienis. Tapi udah gak peduli, yang penting minum sama makan gorengan. Habis reda, kita melanjutkan perjalanan ke kompleks candi2 lainnya. Tapi Arum gak mau ikut karna capek dan katanya dulu udah pernah.

Luas banget nih kompleksnya, ada candi yang berundak ke bawah, semacam ada pintu bawah tanah gitu. Ada lagi candi yang permukaannya rata, dikelilingi dengan tembok. Begitu masuk, aku dan Leo terkesan karna di atas permukaan yang rata itu keluar asap.

Kemungkinan terbesar karna tadi ujan, terus sekarang kenak panas lagi. Yah cuacanya emang aneh banget, padahal tadi habis ujan deres berkali2, eh sekarang panasnya ampek nyengat gini. Dari sini ada lagi yang aku sebut miniatur candi, jan mirip candi2 yang biasanya, cuman bentuknya kecil aja. Dengan sedikit tipuan kamera, pasti dikira candi beneran nih! Di depannya juga ada lobang yang entah fungsinya buat apa, kayaknya emang perlu guide deh buat yang penasaran.

Di undakan bawahnya, ada kolam2 yang airnya cukup jernih. Tapi jangan sekali2 renang disitu, ada papan larangnya. Katanya sih beberapa kola mini punya kedalaman yang lumayan untuk menyembunyikan korbannya, lagipula tempat mistis gini mah banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Tapi dengan pedenya aku jalan ke tengah2 cuman gara2 pengin pose, padahal sempat hampir kepleset tuh, bahaya, aku kan gak bisa renang! Tapi hasil jepretannya lumayan bagus lho.. Refleksinya itu keren!!

Di undakan bawahnya lagi masih ada candi lagi, tapi karna udah kelihatan dan capek, kita gak turun. Tapi waktu liat batu berbentuk aneh ini, aku menyempatkan diri buat turun bentar trus motret.

Setelah itu kita ke komplek goa yang jalurnya rada beda, ada kok di petunjuknya. Gak jaoh2 amat sih sebenernya, cuman kondisi emang udah capek. Jangan bayangin Goa indah dengan stalaktit dan stalakmitnya, ini cuman kotakan kecil buat bersemedi.

Beneran kecil lho, aku yang bisa dibilang pendek aja kudu mbungkuk kok. Apa gak capek ya yang semedi disitu? Ato emang orang dulu pendek2?

Sempat ada simbah2 yang merupakan juru kunci goa ini, lupa menanyakan namanya dan lupa apa yang beliau ceritakan. Tuh simbahnya yang nongkrong di atas tebing.

Dari sini kita langsung kembali ke parkiran, tapi gak lewat lapangan rumput beranjau tadi, tapi lewat bawah tembok lapangan. Di pelataran depan parkiran sempat duduk2 bentar, pemandangan di depan ada beberapa burung merpati putih lagi makan di lantai. Wah keren banget ni, serasa di luar negri. Tapi entah karena apa, mungkin auraku yang jelek, pas mau tak foto, makah pada terbang semua. Alhasil cuman ada foto yang lagi metengkreng di kabel listrik.

Setelah itu kita memutuskan untuk pulang dan melanjutkan survey ke obyek berikutnya besok saja. Selain udah sore, kita kapok dijebak hujan mulu.


Oya ni tambahan hasil scanning brosur yang aku bilang:




4 komentar:

  1. masuk Ratu Boko bayar? ndak sudi! mending lewat jalan kampung ajah :p

    BalasHapus
  2. kalo gak dibayarin aku juga emoh mas...

    BalasHapus
  3. maksudnya tuh batu yang berbentuk air apa yak?
    aneh bener dah

    wuaaaaaaa
    mupeengggggg
    suatu hari nanti aku harus ke Candi Boko!!

    BalasHapus
  4. entahlah maksudnya, aku gak ngerti soal relief n bentuk2 bebatuan di candi, cuman seneng liatnya aja..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...