Selasa, 27 Juli 2010

Survei Goa Cerme

Tentunya masih berkelanjutan dari Survey Candi Boko dalam rangka acara valentine day HMJTI, kita berempat(aku, Arum, Leo dan Dio) dengan motor yang sama menempuh jalur Ringroad, di perempatan Terminal Giwangan belok kiri/selatan ke Jalan Imogiri. Dari situ lurus aja terus sampai mentok di pertigaan setelah pasar, belok kanan, ada petunjuknya kok. Gak jaoh dari situ, ada pertigaan lagi, kali ini belok kiri, juga ada petunjuknya lagi. Habis itu lurus aja sampek ngelewatin jembatan besar, belok kanan dikit terus ambil yang tanjakan.

Dari situ aku agak lupa, kan udah setahun yang lalu tuh. Pokoknya kalo gak yakin tanya aja warga setempat. Seingatku sih yang bikin bingun pas di petigaan yang ditengahnya ada pohonnya, disitu ada petunjuk kalo goa crème ke kanan, tapi Leo sebagai petunjuk jalan yang udah pernah ke lokasi malah ambil yang lurus n jalannya lebih kecil. Ternyata petunjuk tapi buat kendaraan besar, kan ada tempat parkirnya sendiri. Dari situ dimulailah tanjakan2 yang lumayan membuat motor Dio kewalahan dan macet di sebuah tanjakan. Leo yang sudah sampai duluan di lokasi terpaksa menjemputku,pengalaman sial pertama ni.

Dari tempat parkir yang cuman di pinggir jalan tanpa peneduh, kita jalan sebentar sampai pos penjagaan. Tiket masuknya sih murah, kalo gal salah 5rb. Yang mahal tuh pemandunya, sekali jalan 25rb untuk rombongan kurang dari 15org. Untung aja nih pakek duit anggaran panitia lagi. Tapi karna di dalam sungai dijamin basah, jadi semua barang bawaan sebaiknya dititipkan di pos itu. Termasuk dompet, HP, n barang2 berharga lainnya. Aman kok...

Kalo mau foto2 di dalem, mending bawa plastik ato pelindung anti air lain. Begitu juga dengan lampu senter, kudu bawa karna di dalem gelapnya ampun... Untungnya kita cuman berempat, jadi dengan lampu yg di bawa pemandunya di depan sama senter kecilnya Leo ya lumayan keliatan. Cuman tetep aja kesandung bolak balik.

Sebenarnya aku rada lupa cerita pengalaman selama di dalam lorong gelap ini, jadi aku ceritain secara umum aja ya... Sebenarnya ini merupakan sungai yang mengalir di dalam goa, jadi jelas basah n gelap. Bahkan kalo musim ujan, tinggi airnya sampek dada orang dewasa. Nah karna kita jalan di dalam sungai, jadi gak keliatan konturnya, tiba2 aja ada lobang dalem, tiba2 ada batu tajam, tiba2 ada ular, wah pokoknya penuh kejutan! Tapi ada kejutan lain yang gak kalah serunya, beberapa dinding goa ini merupakan batu2an indah yang biasa disebut stalaktit dan stalakmit. Bahkan ada yang gemerlapan seperti ini:

Oya, jangan berpikiran bahwa goa ini berlobang besar semua, kalo gak ati2 bisa kebentus kayak gini:
Ni fotonya candid, bukan ekspresi buatan, tapi pengalaman pribadi. Jadi lebih aman kalo tangan berjaga di atas kepala seperti ini:

Karna rutenya cukup panjang, kalo gak salah 1km dengan batu dan lumpurnya yang melelahkan, tentunya kita butuh istirahat. Tetep aja narsis...

Arum:
Aku:
Dio:
Leo:

Di dalam goa juga ada air terjun pendek, airnya sueger. Tapi yang bikin susah kalo aliran airnya lagi deras, karna kita harus menerobos aliran air terjun itu buat melanjutkan perjalanan. Untung waktu itu enggak deras.
Lah ini yang fotoin sapa ya? kan kita cuman berempat!!

Hohoho... kan ada pemandunya..
Oya, pengalaman yang bikin sebel disini, waktu naik ngelawan arusnya air terjun, sendal yang kupakai(lebih tepatnya sandal jepitnya Dio), lepas satu gara2 kebawa arus. Walaupun Leo udah berusaha mengejar, tapi tetep aja gak dapet,hiks... Jadi sakit deh kakiku nginjak babatuan yg tajem2.

Kalo udah mulai menemukan pipa2 seperti ini, berarti perjalanan sudah hampir selesai, tapi karna sempit, lagi2 jaga kepala Anda, membungkuklah, bahkan merangkaklah kalau Anda tinggi,hahaha...

Jujur, cahaya yang masuk ini benar2 membuat bahagia, akhirnya perjalanan berat ini selesai...
Tapi ada yang aneh dengan kita, kok jadi putih semua ya??? Apalagi bajunya Dio tuh yang kayak malaikat,wakakaak... Penyebabnya tidak lain ialah air sungainya tadi mengandung kapur, kan ini termasuk barisan bukit kapur yang sampek ke Gunung Kidul itu tu..
Oya, perhatikan juga sandalnya!! Aku yg berkaos hitam, cuman megang 1 sendal gara2 kebawa arus yg tadi. Sedangkan Leo yang berbaju biru emang bawa 2 sendal, tapi sendal yang di tangan kiri itu 'cepot',hahaha...

Tapi jangan harap bisa langsung istirahat ya, karna tadi goanya bisa dibilang lurus, jadi kudu jalan buat balik ke pos ato mulut goanya tadi. Dan bukan berati lebih enak ni, karna jalurnya lebih jaoh, skitar 1,5km dan jalannya tersusun dari bebatuan kapur yg tajam. Sekali lagi sendalku tinggal satu, jadi telapak kakiku merasakan ketajamannya. Trus Leo yang juga pakai sebelah sendal menyumbangkannya untukku. Kok ya untungnya sendalnya jadi sepasang, walaupun slewah. Tapi jangan salah, karna sendalnya masih utuh di rak sepatu rumahku sampai sekarang, buat kenang2an.

Habis mandi dan ganti baju, kita langsung pulang karna awan mulai gelap. Eh baru juga jalan bentar udah turun hujan, wah berlarian ke tempat parkir ni.. Selama perjalanan pulang kita di temani hujan deras terus sampai kampus tercinta di Paingan. Di kampus langsung ketemu panitia dan melaporkan hasil survei selama 2 hari. Dan kesimpulan akhir ialah Goa Cerme yang di pilih untuk acara Valentine besok.


Jadi ada beberapan tips ni buat acara besok:
1. Bawa alat penerangan yang tahan air, kalo kuatir ya bingkus aja sama plastik.
2. Bawa kamera yang tahan air juga, mending yg pocket aja, kalo nyebur ke air gak rugi2 amat,hehehe...
3. Bawa pakaian ganti baik luar maupun dalam, karna dijamin basah 'kebes', apalagi buat orang pendek sepertiku.
4. Gak usah bawa barang berharga, karna semua barang dititipin di pos penjagaan, ya daripada hilang ato ke bawa arus sungai.
5. Bawa alat mandi, karna sebelum ganti mending mandi, daripada kapurnya nempel di kulit..
6. Bawa makanan, jadi habis capek2 bisa langsung makan.

3 komentar:

  1. hahahaha seru tau ni valentine... baru pertama kali ngerayain v-day rame" n ke goa pula.. TOP deh yg survei.. ^^

    BalasHapus
  2. hohoho... harus dunk! ntar tak tulis yang acara sesungguhnya

    BalasHapus
  3. kapan-kapan ajakin kita-kita dong's..:))

    agar tambah meriah tournya..:)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...