Kamis, 01 Juli 2010

Kota2, Keliling Jogja Narsis2an Berdua

Jalan2 ini cukup dadakan juga.. Berawal dari pagi2 habis nganter adikku ke sekolah, aku iseng mampir kost temen, Inno, di daerah Candi Gebang buat pinjem kamera Canon EOS 500D. Habis itu lewat Stadion Maguwaharjo, trus iseng foto patung Elang di Pertigaan. Aku sering ngelamun di tempat ini, bukan karna suasananya yg emang enak buat nongkrong, tapi karna tempat ini sangat kubenci. Tugu yg buat berdiri elang itu udah merenggut Kakak kandungku tercinta,hiks...

Sudahlah kembali ke cerita awal.. Terus aku iseng ngajak sahabatku, Juve, buat jalan2 di kota, mumpung dapet pinjeman kamera. Walaupun sempat ada beberapa kendala, tapi akhirnya kita jadi juga jalan2. Tujuan kita Kraton, Tamansari n Benteng Vredeburg. Ketiga urutan tersebut berdasarkan waktu tutupnya. Kraton tutup jam 2, Tamansari tutup jam 3, Benteng tutup jam 4.

Sekitar jam12 siang kita samapi di Kraton Jogja yg letaknya di selatan Malioboro, masuk aja di Alun2 Utara. Lupa sih karcisnya bayar berapa, yg pasti kalo bawa kamera kudu bayar lagi seribu kalo gak salah. Sayangnya kita gak bisa masuk ke Kratonnya sampai dalam, cuma di bagian utara aja. Tapi tetep menarik juga kok buat foto2:

Ni simbah2 penjaga sebelum masuk kraton, cuman patung sih, tapi mirip orang beneran lho...


Ni miniatur masjid yg ada di dalam pendopo:

Tuh di belakang ukiran khas kraton jogja:

Gamelan ni ada namanya Kyai Kebo Ganggang, knapa ya namanya kayak gitu???

Kayak di rumah sendiri ni suasananya..

Ada ukiran di sepanjang tembok, ni ceritanya pas proklamasi kali ya..


Obyek kedua Tamansari, tapi biar gak bayar masuknya lewat samping, lewat parkiran motor,hehehe... jadi masuk ke lorong duluan.. Biasanya banyak yg foto2 disini karna bentuknya cukup unik. Sebelum masuk Sumur Gumuling, ada banguna tua yg lumayan tinggi di banding sekitarnya.
Tampak dalam:

Tapi sayangnya lagi di pugar ni, jadi gak boleh naik ke atas lagi deh...
Padahal dulu sebelum dipugar bisa naik lho.. Nih pemandangan dari atas, bisa liat kota jogja sampai gunung merapi,asal gak lagi mendung gini..




Karna kecewa, kita pindah ke Sumur Gumuling.. Letaknya gak jaoh, tinggal masuk lorong yg lain aja.. Sebelum masuk kita diminta sumbangan seiklasnya. Bangunan ini bentuknya melingkar, ada dua lantai yang dibuhungkan dengan tangga unik ditengahnya.

Karena agak ramai buat foto2 turis lokal atopun manca. Bahkan ada yang lagi prewed, kita langsung ke permandian. Masih ada waktu beberapa menit disini, lumayan keliling bentar buat foto2. Untung aja renovasinya udah kelar, air kolamnya jernih,kayaknya seger ni kalo nyebur...

Ada dua macam kolam dsini.. yang besar ini katanya konon buat mandi para selir, dan kolam satunya dibatasi dengan menara.. Nah dari sinilah Sang Raja memilih salah satu selirnya dengan melemparkan bunga. Kalo ada selir yang terpilih, ia akan pindah ke kolam kecil bersama Sang Raja.

Asik foto2 sampai terasa sepi, hampir aja kita kekunci, karna sudah waktunya tutup. Jadi gak bisa keluar lewat depan, nah daripada muter lewat lorong2 lagi, kita cari jalan lewat rumah2 warga menuju parkiran. Dari sini kita cepat2 ke Benteng Vredeburg. Tapi sampai di pintu masuk, kata petugasnya udah tutup,weh2... Setelah eyel2an, akhirnya boleh juga masuk, tapi gak bisa ke dalam ruangan ataupun menyewa sepeda tua.
Ya udah kita keliling sambil foto2 aja... Dari sini bisa terlihat gedung2 besar seperti Bank Indonesia, Kantor Pos besar, Bank BNI dan Gedung Agung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...