Selasa, 27 Juli 2010

Touring Pantai Kidul Sendirian

Peristiwa nekat ini terjadi pada tanggal 7 Januari 2008, tepatnya hari Senin. Waktu itu aku belum punya SIM C, tapi dengan pedenya mengendarai motor dari rumah, Ngemplak Sleman, menuju ke deretan pantai indah di Wonosari. Kalo jalurnya sih inget, soalnya pernah beberapa kali ke Pantai Krakal dan Sepanjang bareng sama pacarku waktu itu, Coco. Tapi dari dulu ya di goncengin, aku gak berani dan lebih tepatnya gak bisa nyetir ‘Tiger’nya,hehehe… Jadi aku penasaran pengen nyoba kesana sendirian.

Aku gak bilang siapa2 soal rencana ini, yang parahnya aku cuman bawa duit 10rb dan bensin limit. Aku berangkat siang2, lupa jam berapa. Aku nempuh jalur ringroad, Jalan Wonosari, Pathuk, Kota Wonosari, trus menelusuri jalan Baron. Di Jalan Wonosari, tepatnya sebelum naik ke Bukit Pathuk, aku ngisi bensin dengan satu lembar uangku satu2nya yang sepuluh ribu itu. Dengan kepercayaan kalo di kotanya Wonosari pasti ada ATM Mandiri. Sesampainya di dalam ‘kota’ yang sempit ini, aku sempet bingung karna gak nemuin ATM Mandiri, satu2nya ATM yang kupunya. Akhirnya aku masuk ke ATM Bersama yang ada di kanan jalan. Jadi gak kuwatir lagi deh ngelanjutin perjalanan.

Kali ini aku pengen ngunjungin pantai yang belum pernah aku kunjungin, habisnya penasaran sih. Waktu masuk retribusi, bapaknya heran karna aku cuman sendirian, sempet ditanya gitu,hmm… Setauku dari literature di website, deretan pantainya dari arah Jalan Baron yaitu Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Indrayani, Siung, Wediombo, Sadeng. Tujuan pertamaku yaitu pantai Sundak karna kabarnya sih bagus dan sepi. Lumayan jauh jaraknya dari Pantai Baron, masih di sebelah timurnya Krakal. Tapi jalannya ampun dah… aspal rusak yang cuman ada bebatuan tak tersusun, jujur capek banget.

Di parkiran masih ditanya lagi karna lagi2 mereka terheran2 ada cewek dateng sendirian. Untungnya disini lumayan sepi, jadi bisa dengan puasnya ngambil pasir n kerang2an trus dimasukin ke plastik yang emang udah aku siapin dari rumah. Tujuannya? Ya iseng aja, kan bisa di tempel2 atau di masukin botol buat hiasan. Disini mataharinya masih cukup tinggi, masih jam 4 sore.
Pemandangannya emang beneran bagus lho!!!


Cuman mukaku kok ‘nggilani’ ya?

Habis itu gak jauh dari jalan masuk tadi, ada jalan masuk ke pantai lagi, entah pantai apa, aku langsug masuk aja. Terus nemu pantai kecil yang tertutup batu karang besar.
Ternyata ini masih termasuk deretan pantai Krakal, liat aja di sebelah barat ni..

Selanjutnya aku menuju ke petunjuk pantai Drini, ada 2 jalan masuk ke pantai yang namanya kurang terkenal ini. Jadi aku masuk lewat jalan yang timur, terus aja ngelewatin pesisir, nimbus deh jalan satunya. Jalannya lumayan jelek, tapi sedikit lebih bagus daripada jalan ke Sundak tadi. Cuman pantainya kurang menarik, jadi ya gak mampir. Disini cuman foto pemandangan bentar doang deh.

Habis itu, pantai Sepanjang ku lewati saja, kan udah pernah sebelumnya. Tujuan selanjutnya Pantai Kukup n Baron. Sebenernya kedua pantai ini juga pernah kukunjungi, tapi dulu waktu masih kecil, cuman udah lupa.. Jadi masuk aja deh.. Sampai di parkiran Pantai Kukup, lagi2 ditanya sama penjaga parkirnya,weh2… kok pada heran gitu seh??
Pantai ini lumayan rame, jadi agak enggak pede juga sih sendirian.. Akhirnya aku cuman naik ke tangga buat liat pemandangan dari atas.

Tapi ya tetep aja narsis


Wow mataharinya udah mulai turun ni, pindah lagi deh..

Tujuan terakhir sebenernya Pantai Baron, tapi begitu mau masuk ke komplek parkiran, lah kok rame buanget, gak jadi deh… Puter balik terus pulang aja ah, lagi pula perjalanan pulang masih jaoh n matahari udah mulai sembunyi. Tapi lagi2 rasa penasaranku terusik, pengen lewat jalan lain. Menurut yang pernah kubaca dulu waktu mau ke Goa Maria Tritis, yang letaknya gak jaoh dari Pantai Baron, jalurnya bisa lewat Paliyan. Jadi dari arah Jogja belok kanan pas di pertigaan Lapangan Playen, jadi gak lewat kota Wonosarinya.
Nah rutenya aku balik, dari Pantai Baron belok ke kanan pas di pertigaan yang ada petunjuk ke Goa Maria Tritis itu. Jujur ini lebih nekat daripada pas berangkat tadi. Karna ternyata jalannya gak begitu rame, banyakan lewat hutan dan banyak pertigaan n perempatan tentunya. Apalagi matahari bener2 tega meninggalkanku, ni foto perpisahan kita yang untungnya masih sempat ku abadikan:

Habis perpisahan itu jelas aku sedih banget, karna jalanan jadi gelap, padahal posisi masih di hutan, mana she jalan Wonosarinya?? Untungnya Tuhan bener2 menyertaiku, Dia mengutus sebuah bus besar buat kasih petunjuk. Lebih tepatnya ini bus pariwisata yang hendak pulang, lah kan kalo aku ngikutin pasti gak bakalan nyasar toh? Tapi busnya melaju kencang, sempat keteteran juga sih, untung jalannya lebar n sepi.
Begitu sampai Pertigaan lapangan Playen, perasaanku jadi cukup tenang, berarti aku gak nyasar, tinggal menelusuri jalan Wonosari aja. Eits ternyata sebelum turunan aku dapet cobaan lagi. Hampir di setiap tikungan tajam yang terkenal itu dijaga polisi, hua2…aku kan atut pak!!! Tapi karna gak melakukan pelanggaran sedikitpun, aku aman dari sentuhan polisi2 tadi. Juga di tambah dengan cobaan lain, tasku berat gara2 bawa pasir n karang 3 plastik ukuran 1kg. Edan to…
Yang bikin tambah seneng, sebagai orang kuper akhirnya aku ngerti tempat yang sering disebut2 ‘Bukit Bintang’ ini. Tepatnya ada di barisan tanjakan jalan Wonosari menuju ke Bukit Pathuk Gunung Kidul. Padahal dulu aki mikir kalo bukit bintang tu tempat yang tinggi yang bias buat liat bintang di langit. Eh ternyata kalaupun mendung juga masih bias liat bintang, lha ini bintangnya di bawah kok, alias lampu2 Jogja yang gemerlapan. Terlihat jalan Wonosari yang menuju kea rah ringroad dengan jelas karna terlihat banyak lampu kendaraan yang melintas disitu. Ni sempat ku abadikan, walau kurang bagus karna selama perjalanan ini aku cuman pakek kamera HPku, Sony Ericsson K510i.

Habis itu pas lewat di jalan solo, sempat mampir ke Supermarket Alfa, yang sekarang (2010) udah ganti jadi Carrefour. Belanja apa ya? Aduh lupa.. Pokoknya biar sama orang dirumah gak ketauan kalo habis dari Pantai. Jujur sampai sekarang Bapakku belom tau kalo aku pernah melakukan perjalanan nekat ini sendiri. Alasan utamanya jelas aku takut kena marah karna waktu itu belom punya SIM, pengalaman nyetir juga baru setengah tahun gara2 kuliah di Jogja ini,hehehe..
Maap ya pak… Maap juga buat Coco, waktu itu sempat berharap disusul, padahal rumahnya jaoh di Kulon Progo,wakakakak… Pokoknya pengalaman tak terlupakan deh..:p

6 komentar:

  1. nekat dek.. ati2 loh di wonosari sering ada cegatan kalo nggak salah :D

    BalasHapus
  2. itu mah dulu mas.. skarang udah punya sim kok..

    BalasHapus
  3. Mbak, minta bantuannya ya...
    Itu yang foto pohon2 diatas pasir (foto kedua) juga dipantai sundak ya?
    Sering liat foto2 temen yang disitu tapi masih belum mudeng itu pantai mana. Rencananya pingin ke pantai sekitaran situ dalam waktu dekat

    BalasHapus
  4. iya bener banget, itu pantai sundak..

    BalasHapus
  5. makasih.. silahkan coba dipraktekkan..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...