Rabu, 14 Juli 2010

Nekat ke Kota Polusi

Ceritanya aku lagi magang ni di Radar Jogja, hari jumat 9 Juli'10. Kebetulan besok tanggal merah, wah berarti enak dong besok gak masuk ke kantor... Otomatis trpikir buat jalan2, ceritanya lagi pengen ke imogiri karna sempat liat foto2 dari fb keren banget. Nah dari kemaren dah ngajak temen pada gak mau semua tuh (Doni, Juve n Co2), jadi BT deh... nah iseng2 tuh liat peta Jakarta, tanya2 tempat temen yg tinggal di sana. Wah kok jadi pengen ya...

Nah sementara itu temenku, Arum, yg duduk di sebelahku ternyata di ajak temennya ke Tangerang. Wah kok kebetulan, aku juga pengen (nekat) ke Jakarta. Yo ayo aku ikut!!!! Setelah berbagai pergumulan dengan batin, masalah'e lagi gak ada duit, gak dapet ijin dari ortu masing2, cuman dapet kereta ekonomi, tapi akhirnya jadi juga.

Berangkat dari stasiun Lempuyangan Jogja, tempatnya kereta ekonomi, kita berjubel dengan ratusan penumpang laen. Duduk di lantai di langkah2i selama 12 jam, gak bisa bo2, wah pokokny a gak enak banget. Ohya yg enak tiketnya murah abis!!! 26rb udah sampek stasiun senen,hahaha... Berangkat skitar jam8 malem, sampek jam8 pagi.

Begitu sampek Stasiun Senen, bingung mau ke arah mana..

Dari Senen naek trans jakarta(3500) ke harmoni, transit yg ke arah lebak bulus, turun di halte grogol 2. Trus naik metromini 91 (2000) ke kemanggisan. Turun di pertigaan terus lurus, pertigaan berikutnya belok kiri(jalan Syahdan), jalan aja ntar sebelah kiri ada Universitas Bina Nusantara yg kampus lama. Nah kost temenku, angelin, pas didepan kampus itu.

Habis mandi terus makan di rumah makan padang sebelah kostan. Nasinya diambilin buanyak banget. Satu porsi nasi lauk ayam n tempe, minumnya teh tawar(gratis), bayarnya 11.500. padahal kalo di jogja paling 8000. Setelah ngopy2 film, sementara nunggu temenku (bukan Angeline, tapi temen waktu kecil) pulang kerja.

Jam stengah4 cabut naik mikrolet/angkot m24, carinya gak susah karna hampir tiap menit lewat di depan kost, turun di slipi, 3000. dari Slipi kata temen gak usah nyebrang, naik bus metromini 88. karna aku jalan ke kiri, nunggu 88 kok gak lewat2.. kayaknya salah deh.. Aku sms temenku aja biar gak salah, trus dia bilang ntar kan ada halte. Ya udah dengan tampang sok tau pindah kesisi kanan, depan pasar slipi jaya, di bawah jalan layang, bener ada halte,hehehe... Naik deh sampek Taman Anggrek 2000 aja. Katanya temenku bakalan jemput ni disini, tp nunggu lumayan lama nie.. Mana rambutku dah kusut n kasar, padahal tadi seingetku masih alus2 aja lho!! Begitu dateng, eh temenku itu malah ketawa2 liat aku nunggu kayak orang begok,dasar!!! Trus naik motor deh ke kontrakan dia yg katanya deket, di daerah Grogol. Tapi kok menurutku jauh ya... Pokoknya habis puter balik di bawah jalan layang depan Green Mansion, ntar belok kiri masuk aja.. nyebrang sungai(yang pasti item n bauk) belok kiri lagi... Lewat peternakan babi sgala, habis itu sampek di kompleks kontrakan, parkir di pinggir jalan n masuk gang super sempit. Tapi kontrakannya cukup mengagetkan, ukurannya cuman 3x6, labih pantas disebut kost2an toh.. di bagi jadi 2 ruangan, dibuat bertiga sama temennya. Bayarnya 300rb, jadi tiap orang perbulan bayar 100rb.

Disitu ngobrol2, makhlum dah 8taun gak ktemu sejak lulus SD. Habis itu skitar jam9an mau dianter balik ke kost temen yg di kemanggisan tadi. Tapi aku belum mau pulang, jadi muter2 Jakarta barat, lewat jalan yg sama sampek 3x, tp herannya aku gak apal2 juga,hahaha... Sampek jam stengah11 akhirnya aku ke kost Angeline lagi, untung dah di kasih kunci serep. Eh ternyata dia belom balik, sendirian deh. Jam satuan baru dia balik trus aku langsung bobo.

Hari kedua bener2 gak ada rencana. Mau ke rumah sodara di Pademangan, drmh gak ada orang, ke gereja gak da barengan. Trus coba tanya sepupuku yg di Bekasi, di kasih tau deh jalur kesana. Jadi dari depan kost naik m24 lagi 3000rb sampek slipi. terus ke arah halte kemaren, tapi nyebrang dulu lewat jembatan penyebrangan. Dari situ nunggu bis ke arah Terminal Pulo Gadung lamaaaa... Coba aja halte yg di Slipi itu berfungsi, enak langsung ke arah pulo gadung. Untung aja disitu ada yg koordinir bis, jadi bisa ditanyain. Stelah bisnya dateng , nomer 64 kalo gak salah, langsung aja naik. Untung dapet tempat duduk, walaupun sempit. Sampek di Pulo Gadung, aku yg bingung nyari angkotnya sebelah mana, lha turunnya cuman di pinggir jalan gitu aja kok. Untungnya ni ada bapak ibu yg gendong anaknya, aku 'ngintil' mereka aja, jalan lurus... habis itu baru deh buanyak bis n angkot rebutan mau jalan, sumpah puanas n sumpek banget. Nah pas bapak ibu yg tak ikutin tadi naek bis, kliatan begoknya deh aku... dengan pedenya langsung aja sambar angkot 33 yg aku temuin, padahal masih kosong. Biar lah lama asal duduk depan. Yg enak tuh angkot ini langsung masuk ke Harapan Jaya, jadi gampang nyarinya. Oya, karna jaraknya gak jaoh, aku bayar 4000.

Sampek rumah sepupuku, Ko Heri, jam2an. Sejak dia nikah n punya anak, aku belom pernah ketemu. Jadi intinya aku pengen liat keponakanku itu.. Tapi sapek dirumahnya, Dewi, keponakanku lagi bobo. Eh sama istrinya Ko Heri di bangunin. Awalnya sih nagis karna kaget, tapi lama2 mau bercanda, imut deh!!!

Jujur waktu itu belom tau mau kemana lagi. Aku hubungi Om, adiknya mama yg tinggalnya juga di Bekasi (Perum Harapan Indah), tapi katanya lagi pergi. Trus coba hub Om yg di Pademangan lagi, ternyata bisa. Ya udah sorenya aku di anter naik motor (gratis tentunya) ke Pademangan Jakut. Lewatnya Kelapa Gading, Sunter, trus Kemayoran, sampek deh...

Malem ini gak ngapa2in, cuman nonton tv sampek ngantuk. Om n Tanteku lat koor, Ko Adi, anaknya, sibuk di kamarnya sendiri. Paginya udah pada sibuk mau berangkat kerja, kecuali tanteku yg masuk kerja sore, sibuk ngobrol sama tamu, kayaknya masih sodara jaoh. Sementara berkali2 telp travel buat aku balik Jogja ntar sore. Habis tamunya pulang masih aja ngobrol, coz ada yg telp. Habis nyuci n mandi baru tanteq ngajak jalan2 ke Pasar Baru naik bajaj (12rb). Disana intinya cuman mau cari makan. di Pasar baru masuk gang sempit, tempat makannya udah kuno, tapi katanya rame ni. Menunya bakmi, semacam pangsit mie gitu.. porsinya gede sih.. ditambah bakso n pangsitnya yg renyah abis! Stelah kenyang, tinggal bayar tuh, padahal cuman 2 orang, tapi bayarnya 65rb, hadeh... Untung aja dibeliin, aku mana kuat,hehehe... habis itu mampir Matahari liat2 sepatu. Akhirnya tanteku beli, aku juga dibeliin tapi itu setelah pencarian panjang. Soalnya kakiku kan panjang n lebar,wakakakak... Dapet deh sepatu highheels seharga 109rb merk Yongki Komaladi.
Tak terasa udah jam2, aku harus cepet balik karna mau di jemput Travel. Jadi naik bajaj lagi 12rb(harus nawar n ngeyel), tambah suruh bayarin parkir bajajnya rp 1rb.

Sampek rumah pas jam2, tp ternyata baru di jemput sama travelnya jam 3 kurang seperempat tuh.. Nama travelnya Rahayu Persada, di jemput dirumah masing2 pakek L300 putih, trus di kumpulin di agen di Rawangmangun. Berubung mobil yg njemput aku yg pertama, jadi bis masih kosong, kudu nunggu di pinggir jalan gini deh...
Waktu turun dari mobil, di kasih tiket n langsung bayar 180rb, trus masuk ke bis nyari t4 duduk yg ada di tiket. Tapi jangan salah... Bisnya keren cuiii... Nih tempat duduknya, Jangan kuatir kaki pegel, jarak sama depan jaoh, ada sandaran kakinya pula. Ada bantal n selimut juga lho..

Ni khusus buat sopir n kondektur, ada pembatasnya sama penumpang, jadi priasinya kagak keganggu:

Ni awalnya aku pikir kotak tempat apaan sih.. Ternyata toilet, lha gak ada tulisane je... jadi toiletnya kecil di bawah, pas di pintu masuk penumpang. Tapi maap belum sempat survei dalamnya, kayaknya sih terjamin kalo liat kualitas bisnya..

Ni tampak dari belakang:
Karna sebelah kiri cuma satu, kanan dua, jadi kursinya lebar, tinggi pula.. Wah pokoknya VIP gitu lah.. Yang bikin enaknya, ternyata aku dapet kursi bag kanan, yg dua tempat duduk, tapi sebelahku kosong, jd luas buanget dah!! Seapnjang jalan full musik, berangkat tepat waktu, jam stengah 5 sore. Sopirnya juga gak ugal2an, jadi nyaman deh..

Tiba2 aja dibangunin buat makan malem, cuma restoran padang gitu, tak pikir mewah kayak Travel New Rejeki(waktu kecil dulu) ,hehehe.. Awalnya sih males makan, tapi ada cewek sepantaran ma aku sendirian juga, lirik2an deh.. Tapi bukan berati kita naksir loh ya!! Maksudnya cari temen, lha yg laen ibu2 n mas2 je.. Habis maem, naik bis lagi.. Tiba2 dibangunin lagi, dah sampek Magelang gitu katanya, weh kok cepetnya... Kalo gak salah jam stengah 4 tuh..

Trus di pisah jadi 2 mobil, yg ke Jogja n Magelang. Habis itu di anter lagi deh ke rumah masing2, enak to??? Yang penasaran silahkan dicoba, gak rugi deh bayar mahal.. palagi dibandingin sama naik kreta ekonomi pas berangkat,wakakakak...




Tambahan:
Ni agen Bus Travel Rahayu Persada
- Jakarta : Jl. Pegambiran 44 Rawangmangun Telp. 021-4702766
- Jogja : Jl. Diponegoro 15 Telp. 0274-561322
Jl. Perwakilan 31 Telp. 0274-564744
Jl. Demangan Baru 20 Telp. 0274-561860
- Muntilan : Jl. Pemuda 93 Telp. 0293-587026
- Magelang : Sub. Terminal Kebonpolo Telp 0293-362232
Ruko Prayudan Permai C9 Telp. 0293-5529293, 3276363
- Temanggung : Jl. Diponegoro 42 Telp. 0293-492093
- Parakan : Jl. Stasiun 27 Telp. 0293-596037
- Purworejo : Jl. Pahlawan 8 Telp. 0275-321849
Jl. A. Yani 108 Telp. 0275-321556
- Kutoarjo : Jl. Diponegoro 56 Telp 0275-3337844,641440
- Kebumen : Jl. Jend. A. Yani 71 Telp. 0287-381171
- Gombong : Jl. Yos Sudarso 399 Telp. 0287-71309

4 komentar:

  1. saya suka bisnya..hee..
    tapi cp agennya kok sama kayak rejeki baru??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya agen pasti menangani beberapa bis.

      Hapus
  2. saya juga suka bisnya, apalagi kalau gratis,hehe...

    wah saya kurang tahu kalau tentang cp itu, karna saya cuman nyalin yang ada di tiketnya.
    apakah mungkin mereka satu perusahaan ya?

    waktu kecil saya langganan New Rejeki, setiap ke Jakarta, berangkat dari Muntilan. Seingat saya, bisnya juga nyaman.

    Tapi sejak pindah rumah, saya lebih suka naik kereta, karena lebih murah.

    BalasHapus
  3. Sy Terakhir naik magelang to jkt per tgl 28des 2013 tarif sdh rp.230rb. Lewat selatan. Free makan di karang anyar rest.lestari... just info.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...