Senin, 19 Juli 2010

Bebas, Lepas.... (Tepi Jurang Imogiri)

Hari ini, Sabtu 17 Juli'10, aku masuk Kerja Praktek sampek jam 12. Dari minggu2 lalu emang udah pengen banget ke Imogiri, habis liat link2nya bagus sih... bisa diliat disini. Yah walaupun pada akhirnya gak ada satupun temen yg bersedia barengin, tp itu bukan hambatan lah buat orang nekat sepertiku. Jadi habis pulang KP ke kost temen dulu nitip tas yg berisikan laptop, habis itu langsung cabut. Lengkap dengan kamera DLSR pinjeman dari Widyo, mantel, dan air minum dalam jok motor.

Nah yg aku tau ni cuman pokok'e Kebun Buah Mangunan Dlingo daerah Imogiri. Padahal jujur aku sendiri belom pernah ke Imogiri yg kebanyakan orang tau ada makam raja2nya itu. Yang aku pernah sih ke Goa Cerme, kalo gak salah ya di sekitar situ. Okelah aku berangkat menyusuri jalan ring road sampai perempatan Terminal Giwangan, terus ke arah selatan(belok kiri). Nah dari situ lurus aja terus.... sampek ngelewatin 3x perempatan kayaknya. Nah ntar nemu pertigaan kecamatan yg ditengah2nya ada toko. Nah kan ada petunjuk tuh, kalo ke kanan Goa Cerme, kalo ke kiri Makam Imogiri. Otomatis aku pilih belok kiri dunk...

Gak jaoh dari situ, ntar ada pertigaan, petunjukknya kalo ke kanan ke arah Dlingo. Nah kalo lurus berarti tetep k Makam. Jadi aku pilih belok kanan, ke makamnya ntar aja deh.. Habis itu siap2 aja buat tanjakan, tapi untungnya jalannya lebar n bagus. Pemandangan sepanjang perjalanan juga cukup bagus, tp jangan terlena, karna nanti ada petunjuk ka arah kanan buat masuk ke kebun buah. Patokkannya kalo ada turunan sekali, habis itu nanjak lagi, nah ntar ada jalan masuk ke kanan yg ada petunjukknya itu. Dari sini jalan menurun n aspalnya lumayan rusak, wah aku jadi takut ntar pulangnya gmn y??? Tp ya udahlah, terus aja.. Sampek pertigaan yg ada tulisan kalo udah masuk kawasan Kebun Buah Mangunan, nah belok aja ke kanan, kan ada retribusi yg gak di jaga tuh... Gak jaoh dari situ ada prkiran yg dijaga satpam, masuk deh kesitu, bayar retribusinya 5rb/org.

Satpamnya ramah kok, kalo kita bawa motor di kasih petunjuk jalan menuju ke puncak buat liat pemandangan. Jalan kesana sempit, turun dikit, lewat taman bermain, trus najak sampek nemu gedung kosong. Parkir deh disitu, karna jalan berubah jadi undak2an. Tapi gak ada yg jagain motornya, jadi hati2 aja kalo bawa barang berharga.

Dari tempat parkir itu, kita harus menuruni tangga, gak jaoh2 amat. Habis itu keliatan deh keindahan alam yg keren...



Jadi lokasi ini emang dibangun buat liat pemandangan sungai yg membelah perbukitan hijau. Dari sini kelihatan warna airnya putih, mungkin karna pegunungan kapur. Anginnya juga lumayan kenceng, ya makhlum lah disini kan udah tebing yg menjorok ke jurang. Bahaya ni kalo orang stres tinggal lompat aja,hehehe... jangan dipraktekin lho y!!

Setelah puas menikmati pemandangan, aku keluar dari tempat ini, ya walau dengan sedikit perasaan was2 karna jalanan yg jelek n menanjak yg harus ku tempuh nanti. Tapi waktu di pos retribusi, aku tanya ke satpam apakah ada jalan lain menuju ke Jogja yg gak naik? Bener dah, katanya lewat sebelah kiri lurus aja.. kebalikan sama pas dateng tadi. Ya moga2 aja lebih mending.. Ternyata emang jaoh lebih gampang, ikutin aja terus sampai nemu jalan lebar pas berangkat tadi. Pas sebelum tanjakan, jadi lain kali kalo kesini pas habis turunan pertama, belok kanan aja, walaupun gak ada petunjukknya.

Setelah selesai turunan, aku iseng ke arah Makam, jadi belok kanan tuh. Stelah parkir motor, aku masuk ke kawasan makam siap dg kamera.
Satu hal yg perlu diinget, jangan coba2 kesini kalo fisiknya gak kuat, karna tangganya tuinggi, sumpah bakalan cuapek n keringetan. Oya, lebih baik lagi bawa minum, karna di atas harga minumannya jelas lebih mahal.

Sebelum naik, sepanjang jalan banyak berderet penjual2... Ni salah satu yg membuatku penasaran. Bentuknya kayak kertas minyak yg di potong oval lumayan gede. Warna kuning transparan, tipis banget. Waktu aku tanya sama2 bapak2 yg lagi njemur ini, katanya terbuat dari 'telo', ato yg biasa disebut 'pohong' ato ketela pohon. Pengen sih nyoba, tp ragu2... besok2 lagi deh..

Ada yang aneh lagi ni, di sebelah kanan n kiri tangga ke atas tu ada makam warga setempat. Tapi berhubung di kanan kirinya ada tembok yg cukup tinggi, jadi jalan masuk ke makamnya kayak gini nih:
Yang bikin aku penasaran, gimana cara bawa jenazah ke makamnya y? susah dunk??? hehehe...

Makam ni cuman dibuka di hari2 tertentu aja, jadi ya aku cuman nginceng2 aja,hehehe...



Kalo mau sewa guide juga bisa, yg mandu simbah2 sepuh berpakaian adat. Yang dipandu kayak gak minat2 amat ni, hehehe...

Gak lama sih aku disini, habisnya capek n laper, makhlum baru makan tadi pagi di rumah.

Pulangnya aku milih lewat kota, iseng2 aja sih... Tiba2 keinget bakso idola yg di Jalan Tamansiswa, maem di sana aja ah! Tepatnya di sebelah Circle K, barat jalan, nomer 138. Sebenernya ini cabang dari Klaten yg di jalan Wijayakusuma no.4, aku taunya dari temen, Arum yang demen makan di klaten. Tapi karna laper, jadia aku pesen mie ayamnya aja. Dulu pernah nyoba sama Juve, pas nraktir gara2 kalah taruhan Piala Dunia 2010, mie-nya enak kok, lembut.

Ada 2 lokasi ni, yg di depan pakek meja makan berisikan 6 kursi, yg di dalem lesehan. Satu porsi mie ayam bakso sehargan 6500 lumayan lah buat 'tombo ngelih'. Sama es jeruk 2rb yg seger...


Habis itu ngambil tas di kost temen di deket kampus Paingan. Eh pas mau pulang, motornya ngambek, gak mau nyala... Sebenernya udah kerasa dari perempatan UPN tadi sih, cuman gara2 habis tak matiin ini jadi bener2 macet. Terpakasa deh calling temen buat bantuin dorong. Emang aneh ni motor, udah beberapa kali kayak gini, tiba2 aja mati pas gasnya kecil. kalo mau nyala kudu di dorong, tapi gignya masuk 1, ntar juga nyala n normal lagi,hadoh nyebelin to!! Untung aja udah deket, bukan pas di Imogiri tadi.. Habis itu langsung aja cabut kerumah..

Tambahan:
Daftar menu n harga di mie ayam n bakso "Idolaku" Pak Tikno

Makanan
-bakso rusuk : 8500
-bakso kuah : 6500
-bakso komplit : 6500
-mie ayam bakso : 6500
-mie ayam : 5000
-nasi putih : 2000
-tahu bakso : 1000

Minuman
-es buah : 3500
-es dawet : 2500
-teh botol : 2000
-es teh : 2000
-es jeruk : 2000
-jeruk panas : 2000
-teh panas : 2000
-juice alpukat : 5000
-juice sirsak : 5000
-juice apel : 4000
-juice tomat : 3500
-juice melon : 3500
-juice jeruk : 3500
-juice mangga : 5000
-juice jambu : 5000

10 komentar:

  1. sip dah tour guide-nya
    makam raja2 imogiri aku udah pernah kesana.
    tapi pengen ke tepi jurang itu
    kayaknya emang mantaf tuh tempat...hoho

    BalasHapus
  2. abis baca ini, kesimpulan yg ak dapat:
    LAPERRRR... hahahaha...
    blm mkn pas baca ini.. hihihi...
    sptinya asyik klo bs turun ke bwh sana.. maen2 (motret) di sungai itu.. hihihih

    BalasHapus
  3. Mas anzo: ayo kesana mas, gak jauh kok dari makamnya..

    daniel: aku juga pengen ke jembatan itu, cuman blm tau lewat mana..

    BalasHapus
  4. itu sungai yang ada di foto bisa dinikmati di Desa Selopamioro, Kec. Imogiri.

    Bisa diliat di http://wijna.web.id/307-Panorama-Selopamioro.html.

    BalasHapus
  5. makasih mas....
    jadi gak sabar pengen kesana..

    BalasHapus
  6. Kesana lagii yuk nyet,,
    mau aku.. jauh gak nyet??

    BalasHapus
  7. jauh sih enggak, tapi kalo kesana kudu nggenah motornya, kalo motorku ya kasian buat goncengan

    BalasHapus
  8. wow that's nice.. ternyata imogiri bagus juga ya, bisa buat referensi kesana nih maklum kagak pernah nyampe imogiri :D

    BalasHapus
  9. deket kok dari kota, medannya gak terlalu berat juga.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...