Senin, 05 Juli 2010

Jatiningsih, Kiskendo, Sermo

Ini pertama kalinya aku touring bareng sahabatku, Doni, setelah sekian lama kita terpisah. Dulu waktu masih kecil kita tetanggaan di Kalibawang Kulon Progo, tapi smp n sma aku pindah ke Jawa Timur. Nah sekarang aku kembali ke Jogja lagi untuk kuliah, tapi tinggalnya pindah ke Sleman.

Karena rumah kita berjauhan, jadi kita sepakat ketemu di perempatan yg aku lupa namanya, ya daripada saling jemput kan jaoh.. Kalo rute yg ku tempuh lewat ringroad utara-barat, bagitu sampek di perempatan jalan godean, aku belok kanan, nah di jalan godean ni lurus terus aja, perempatan pasar juga masih lurus, sampek perempatan lagi. Kalo belok kiri ke arah Sedayu, kalo kanan ke arah Kalibawang/Tempel. Nah kita ketemu disini...

Tujuan pertama kita yaitu Goa Maria Sendang Jatiningsih, jadi dari perempatan tadi masih lurus aja. Nanti di sisi kanan ada Gereja Katolik Klepu, masih lurus. Nah kalo udah nemu kayak terminal kecil tapi kosong itu kan dah ada petunjuk, masuk ada menyusuri jalan aspal kecil, ntar juga sampek parkirannya.

Dari parkiran jalan sedikit ke bawah, kompleksnya gak begitu luas. Letaknya pas di lereng Sungai Progo yg membatasi Kabupaten Sleman n Kulon Progo. Karna aku sebelumnya belom pernah kesini, jadi aku cukup kaget ngeliat Goa n Patung yg cukup kecil, ya setidaknya kalo di bandingin sama Goa Maria Sendangsono.
(Pakek SE K510i, kamera VGA)

Habis doa bentar, kita turun ke pancuran air, yg ini bagus tempatnya:
Trus kita duduk2 sambil ngobrol2 di bawah pohon jati, makhlum lah udah lama gak ketemu.. Habis itu kita lanjutin perjalanan lagi. Kembali ke jalan besar, yg lurusnya Jalan Godean tadi, nyebrang Jembatan Ngapak(Sungai Progo), lurus aja sampek perempatan besar yg namanya Kenteng. Kalo ke kiri arah Wates, kanan arah Kalibawang/ Muntilan, lurus ke arah Goa Kiskendo. Karena mau ngisi bensin, jadi kita belok kiri dulu, gak jaoh dari perempatan tadi ada pom di kanan jalan. Stelah isi bensin, kita balik ke perempatan n menuju ke arah Goa kiskendo, jadi belok kiri. Belok2nya aku agak lupa, yg pasti ikutin aja petunjuk jalan, kalo gak yakin tanya penduduk sekitar aja, pasti di kasih tau dg ramah..

Jangan heran kalo tambah lama, tambah nanjak aja, bahkan kanan kiri jalan ada jurang, wah pokoknya cukup mantab kalo yg suka tantangan. Oya, menurut update yg terbaru, ada Goa Maria baru di atas bukit ini, namanya Goa Maria Lawangsing, jalurnya hampir sama kayak Goa Kiskendo yg lagi kita daki ini.

Kalo sudah sampek tujuan, obyeknya ada di kiri jalan, di sekitarnya di kelilingi tembok n taman yg cukup luas. Dari parkiran, kita harus berjalan menuruni tangga. Sayangnya tempat yg harusnya bagus ini udah gak terurus (2007). Katanya gak bisa masuk ke Goa karna bahaya, hiks2...

Jadi kita cuman bisa liat mulut goa yg tertutup pagar. Di tembok terdapat hiasan yg nyeritain tentang goa ini, tapi maap gak di foto. Jadi ya kita keliling tamannya aja. Malah kayak anak kecil mainan plusutan yg bentuknya sperti lidah buaya ato hewan apa ya, entahlah..

Ada juga patung kepala yg nempel di tebing, aneh ya??

Ada lagi, yg paling disukain Doni, patung monyet2 lagi nongkrong di atas kayu.
Katannya sih monyet yg paling gede itu cakep,wakakakak...
Keluar dari kompleks goa, kita ke atas bentar, ada kebun pinus tuh.. aneh memang kedengarannya, biasanya pinus kan hutan. Lha emang didini cuman dikit kok,hehehe.. Hampir semua pohonnya lagi di sadap, di ambil getahnya itu lho..

Habis itu kita berancana ke tujuan utama kita, Waduk Sermo. Walaupun gak seberapa yakin akan jalan yg akan di tempuh, tapi ya nekat aja mengandalkan insthink n petunjuk jalan.. Dari Goa Kiskendo ke arah kiri kalo gak salah tu ada petunjuk bisa ke Sermo, ya kita ikutin jalurnya aja.. Perjalanan masih agak nanjak, jalan jelek, tapi pemandangan keren cui.. di sisi kanan ada tebing kapur, di sisi kiri jurang, tapi bagus lah pokoknya.

Di tengah perjalanan kita semapt istirahat. Dari sini udah keliatan waduk sermo n pantai glagah yg indah,hehehe...
Tapi sayangnya penglihatanku agak burem, gak pakek kacamata sih.. Lalu kita lanjutkan perjalanan, kali ini udah mulai menurun sih.. tiba2 aja sampek ke salah satu sisi dari waduk, jujur aku lupa kalo suruh ngulang lagi jalan ini.

Karna baru pertama kesini, jadi aku penasaran, pengen keliling seluruh waduk. Lah ternyata stelah dijalani kok ya jaoh juga,hohoho.. Secara umum tempat ini bagus, rindang, tp kurang dirawat. kebanyakan wisatawan cuman dateng buat mancing n pacaran, padahal ada kapal yg bisa buat keliling waduk, kan bagus tuh.. Tapi kapalnya cuma diem aja, kasian... Gak laku kali ya dulu??

Ni dermaganya:

Karna hari makin sore, udah capek n terutama laper, kita beranjak dari tempat ini. Tentunya lewat jalan yg lebih enak n wajar, yaitu keluar lewat pintu utama menuju Kota (kecil) Wates. Jujur akub gak tau apa2 ttg wates, yg aku inget cuman pernah di ajak bapak kesini, itu aja cuman ke Samsat ngurus perpindahan STNK. Jadi aku serahkan ke Doni penentuan tempatnya. Setelah keliling bentar, kita akhirnya memilih mie ayam.

Kenyang sudah, matahari mulai tenggelam, kita harus pulang.. Pacarku dah marah2 karna cemburu, bapak juga udah nanyain kok gak pulang2,hehehe.. Kita berpisah di perempatan Kenteng, karna Doni lebih dekat lewat situ. Sedangkan aku menempuh jalan yg sama, menuju Jalan Godean, Ring Road Barat- Utara.

Thanks to Doni, sorry to Coco, udah bikin marah,hehehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...