Jumat, 25 Juni 2010

We Got A Friendship (3)

Obyek kedua ialah Kawah yg letaknya gak jaoh dari Telaga Warna, 5 motor 10 orang biayanya 48rb, itu dah dapet dikon sih.. harusnya tiap orang 6rb menurut tiket.. Itu dah termasuk untuk 2 obyek sekaligus, Kawah Sikidang n Candi Pendawa. Dari retribusi tadi masih jalan masuk,,, ada juga lintasan uap panas dalam pipa gede, katanya sih bahaya. Topik, temenku yang penasaran sempat berhenti bentar buat megang pipanya, ngetest panas ato gak, dan ternyata tidak,hahaha..

Sampainya di lokasi, parkir motor n jalan menuju kawah yg paling lebar. Banyak sumber2 panas lain yg kecil2 n berpindah2 di sekitarnya.. Di tepi kawah terdapat pembatas sederhana dari bambu yang mengelilingi kawah, jaraknya hanya 1 meter dari mulut kawah, jadi kudu hati2. Lumpur panas yg mengepul2 bisa terlihat jelas, asal asapnya gak mengganggu penglihatan..
Dsini juga ada yg menjual bongkahan2 belerang yg katanya bagus buat kulit..

Obyek selanjutnya tentunya candi Pandawa, jalannya harus keluar dari retribusi tadi dan berbalik arah.. Sebenarnya ada 2 jalan untuk menuju candi ini, tapi kita pilih parkiran yg sejalur dengan rute kita. Dari tempat parkir masih harus berjalan kaki cukup jauh. Tapi pemandangan di sekitarnya gak membosankan kok. di kanan kiri terdapat banyak tanaman yg indah seperti bunga terompet, cemara, dll.. ada juga rerumputan berbunga kuning yg kalau sudah kering bisa di tiup seperti ini:
Terkesan seperti anak kecil memang,hahaha...
Mata kita disuguhi pemandangan yg hijau karena rumput2nya rapi n terjaga, aku sangat menyukainya! Begitu juga di sekeliling candi, rumput yang terkesan sejuk itu menarik minat untuk menidurinya, jadilah kita berfoto ria sambil tiduran..
Cerita tentang candinya, disini sebenarnya ada 5 candi sesuai dengan namanya tadi 'pendawa'. Kelima candi itu ialah Candi Semar, Arjuna, Srikandi, Sembadra dan Puntadewa. Tapi beberapa diantaranya gak utuh.. Cuman tetep sedap di pandang kok, apalagi kalo ada arca2nya kayak gini.. wakakakakak...

ni yang ganteng2:
ni yang cantik2:

Obyek selanjutnya 'rencanya' sih mau ke Kawah Candradimuka. Karna banyak cerita/dongeng tentang ini. Katanya si Gatokaca di tokoh pewayangan itu tu bisa kuat banget sampek di julukin "Otot kawat, balung wesi" ato artinya otot seulet kawat, tulang sekeras baja, karena diceburin di kawah legendaris ini. Jadilah kita penasaran. Jaraknya agak jaoh dari candi, jalannya ya lumayan naik turun lewat kebun2 sayuran khas Dieng. Tapi begitu sampai di jalan masuk, ada petunjuknya kok, aku ragu banget. Jalannya tu ancur banget, kayak sungai kering.. katanya masuknya masih sejauh 1 stengah kilo lagi, tapi pemandangan indah banget. Sempat ada sedikit perdebatan disini karena ada yg mau nekat, tapi juga ada yg eman motor, padahal kan perjalanan pulang masih jaoh. Akhirnya kepuutusan akhir ya gak jadi nekat, cuaca juga mendung pula.(Berarti udah kedua kalinya batal kesini, hiks...)

Perjalanan di warnai hujan deres, padahal dah adem banget ni, brbrbr... begitu kembali ke Dieng Wetan yg punya Wonosobo, aku milih jalan pulang yg lebih dekat, gak lewat Telaga Warna lagi karna muter. Eh ternyata ada satu temenku yg paling belakang malah lewat jalur tadi, alamat kudu di susul salah satu dari kita, sementara yg lain nunggu di pinggir jalan. Stelah ktemu kita menuju ke obyek akhir yaitu Kebun Teh Tambi.

Awalnya aku rada gak yakin bawa temen2 kesini. Karna kita dah pada laper n kedinginan. Tapi stelah di tanay katanya ya mau2 aja. Tambi gak termasuk di Dieng Plateau Area, kalo dari arah Wonosobo ada petunjuk ke arah kanan, tapi karna kita dari arah Dieng jadi belok kiri. Tepatnya stelah tanjakan, jadi hati2 kelewatan ya..

Jalannya nanjak terus... tapi pemandangan cukup memuaskan mata, sekeliling hijau semua! Kata sepupuku kalo cerah bisa liat Telaga Menjer, cuman pada saat itu kabut udah makin tebal. Jadi disini cuma foto2 bentar sambil bercanda.

Habis itu langsung turun ke Wonosobo di guyur hujan deres buanget, mana kabut bikin serem aja. Karna motor yg aku pakek ini pinjeman, jadi langsung menuju ke rumah Bulikku buat balikin motor. Walaupun sempat dicegah buat pulang karna masih ujan deres, tapi kita tetep ngeyel karna gak mau kemaleman. Sementara pada makan kue n minum buat ngganjel perut yg udah keroncongan pol plus kedinginan.

Terus kita langsung tancap gas nyari tempat makan di Kota Wonosobo. Sempat ada yg ngusulin bakso/soto biar anget, jadi begitu ngeliat ada warung Soto ya langsung aja belok. Lupa sih namanya, yg pasti ada di kanan jalan searah ke arah keluar kota. Cuman mangkoknya kecil banget, sangat mengecewakan. Tapi ditamabah dengan gorengan ya lumayan lah..

Stelah 'puas' makan, kita cabut ke kota tercinta, jogja. Karna ujan tambah deres dan Arum kasian karna aku udah nyetir selama di Dieng, jadi dia minta Rico, yg kmaren ngeboncengin aku buat ambil alih lagi. Jelas aku setuju, tapi tetep aja masih ragu akan reputasinya,hehehe.. Setelah keluar dari gapura kota, salah satu temenku memutuskan buat berteduh karna udan makin menggila. Kasian si Shinta yg kakinya habis ketumpahan air panas, jadi ngelupas gitu.. Si Winda yg badannya kurus banget kedinginan gara2 mantel cuman pasangan, jadi punggungnya basah semua.

Walau masih hujan, kita tetep lanjutkan lagi perjalanan panjang kita. Sampai di pertigaan kretek rada banjir tuh... kita tetep memilih jalur Sapuran-Magelang. Sampai di salah satu pom sesudah Sapuran, kita istirahat lagi, dan hampir semua dari kami ke wc karna kedinginan. Winda yg udah kedinginan pol cuman 'ndeprok' di lantai. Sedangkan yg bikin lama tuh si Rico pakek boker sgala,wakakakak..

Secara umum perjalanan pulang lancar, hujan berhenti di perjalanan naik turunnya habis Sapuran. Motorku juga berhasil melewati rintangan karna aku memberi Rico tips yg cukup berbahaya.
"Setiap habis turunan tu pasti tanjakan. Sedangkan motorku 'ngeden kalo buat nanjak gara2 gasnya gampang 'down'. Jadi kalo turunan jangan terlalu pelan, yg banter aja.. jadi pas tanjakan bisa gas pol,hahaha..."
Agak ekstrim nih, tapi dari pada kagak kuat kan repot.

Kita sampai di Jogja petang jam stengah7an dengan selamat.. Tapi yg bikin aku shock, ternyata Rico tu gak punya SIM, weleh2... Padahal dia nyetir antar kota antar propinsi lho, kayak bis aja,hehehe... Untung aja gak ada tilang2an..

Oya, judul artikel ini aku ambil dari idenya Rico menamai judul album foto2 ini di fb-nya. Bagus juga kan, kita merasa jadi temen dekat selama touring ini.

Makasih banayk ya teman2...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...