Senin, 21 Juni 2010

Goa Kereb, Gedong Songo, Nyasar ke Dieng

Pagi2 aku berangkat ke Muntilan dengan motorku sendirian. Sampek di Muntilan, ketemu sama sahabatku dari kecil, Doni. Trus daripada nyetir motor dewe2, jadi motorku yg lebih butut (Astrea Grand) dititipin di Terminal Muntilan. Trus langsung menuju ke Ambarawa,perjalanan kurang lebih 1 1/2 jam. Trus di ajak naik ke Gedong Songo dulu, jalannya nanjak banget (skitar 40 derajat) lumayan menantang lah.. Kira2 15km dari Ambarawa.

Gedong Songo tu berisikan 9Candi yang berada di satu lokasi, tapi mencar2 gitu..

Jadi kita harus berjalan dengan rute yg cukup jaoh n naik turun. Kalo males jalan n punya duit sih bisa aja nyewa kuda buat keliling lokasi. Secara di sini dah termasuk daerah tinggi, udara cukup sejuk. Katanya ni udah termasuk Lereng Gunung Ungaran. Di sekeliling juga banyak pohon pinusnya lho..

Di tengah2 lokasi, terdapat juga permandian air panas. Orang mataharinya udah puanas, gak ada duit jg seh...
Tapi aku gak berminat, orang mataharinya udah puanas, gak ada duit jg seh... Jd cuma maen2 air di sungainya aja, anget lho airnya...

Karna udah panas, capek, akhirnya kita berdua turun ke ambarawa lagi. Sebagai umat Kristiani yg baek, tentunya kalo udah di Ambarawa gak akan ngelewatin tempat ziarah yg rame di kunjungi ini, Goa Maria Kereb. Sebenernya goanya gak gede2 amat, bagitu juga dengan patungnya. Tapi karna lokasi yang tidak jaoh dr jalan raya, dan perawatan tamannya yg keren abis, tempat ini jadi lebih rame dari pada Sendang Sono (Promasan) atopun Tritis (Wonosari). Stelah doa, tentunya kita lapar berat. Nah makanan yg khas disini yaitu sate kelinci, hum... yummy deh pokoknya (kayak di Kaliurang n Tawangmangu), sayangnya cuma ada di hari minggu ato libur aja. Tapi sate ayamnya ada tiap hari kok..

Habis itu bingung mau kmana, scara masih siang tuh, eman2 kalo langsung pulang. Ya udah kita ke Temanggung dulu. Doni, partnerku ini di ajak ktemu sm mantannya. Yang bikin sebel nih, slama dia ktemu mantannya, aku di tinggal di warung makan seberang pabrik kayu, hadoh... bingung kan mau pesen apa, perut masih penuh, kan habis maem! Akhirnya aku beli minum aja. Habis itu ada mas2 yg dateng, di ajak ngobrol. Masnya itu kerja di pabrik kayu depan. Doni juga dulu kerja disitu bentar, jadi bisa punya cew di daerah sini.

Setelah balik, kita menuju ke arah kota Temanggung, yg tadi kan masih di jalur ke Semarang. Tadinya sih cuman mau di liatin kayak apa kotanya. Tapi hampir di setiap lampu merah ada petunjuk kalo ke kanan menuju Wonosobo. Nah dengan satu pertanyaan nekat dari Doni yg bunyinya: "Mau ke Wonosobo?" dan kujawab: "Mau2 aja..", Jadi deh kita ke kota yg asing itu..

Perjalanan cukup jauh membuat kita agak ragu, jadi kita mutusin tanya orang di pinggir jalan, katanya emang bener ke arah Wonosobo, tp masih jaoh.. 35km kalo gak salah,nekat tenan! Di tengah jalan sempat grimis dan udara makin dingin aja, tapi makin lama pemandangan makin bagus, ada kebun teh, ada gunung, wah pkoknya capek,hehehe... Bagitu sampek Wonosobo, ujan turun dueres.. Kita berteduh dulu, skalian istirahat. Nah aku baru inget kalo aku punya sodara di kota ini! Akhirnya aku hub dan kita janjian ktemu, tapi karna kotanya amat sangat asing, jadi sempet lama nyarinya. Jalan di kota Wonosobo banyak yg searah sih..

Habis ktemu, kita langsung ke rumahnya. Disitu di paksa nginep, soalnya udah sore dan ujan. Dengan iming2an besok pagi mau di anter ke Dieng. Awalnya sih gak mau, tapi akhirnya ya nurut aja, aku telp ortu jelas di bolehin, scara rumah sodara. Sedangkan Doni emang dari awal bilangnya cuman ada acara di kampus, jadi nginep kost,wakakakak...

Malemnya sempat di suruh baca ref tempat wisata di dieng, masih ngambang banget sih.. Terus tidurnya aku bareng sepupu2ku yg cewek, Doni bareng sepu2ku yg cowok.

Pagi2 kita bangun n mandi, walaupun gak bawa ganti.. Cuman aku pinjem jaket aja, punyaku kmaren basah gara2 ujan. Jam stengah7 kita berangkat. Paklik n Bulikku kan guru SD di Dieng, jadi mreka tiap hari pp Dieng-Wonosobo. Sekalian deh kita ikut..

Perjalanan jelas duingin, nanjak, rame(jam berangkat sekolah), tapi indah banget!!!!
Wah pokoknya mataku terbelalak lah ngeliat pemandangan baru ini, keren abis... Untung aja aku gak nyetir, jd mataku bebas berkelana..

Obyek pertama yg ditunjukkin yaitu Telaga Warna. Karena Paklikku ngajarnya deket sama telaga itu, jadi tiketnya gratis, uhuy.. Begitu masuk, waw... keren lagi dah! Kita disuguhin pemandangan yg sangat mengesankan.
Obyek ini cukup luas karena selain Telaga warna yg jadi obyek utama, ada juga telaga Pengilon, goa2 kecil, dan jalan menuju Dieng Plateau Theater(DPT). Awalnya kita jalan ke arah kiri, disini ada pohon2 yg rimbun. Sinar matahari pagi yg masuk jd bikin anget n pemandangan makin bagus aja..

Trus kita berbalik arah menuju ke goa2, eh ternyata goanya cuman kecil2 oey.. tapi pemandangan tetep indah..

Terus kita naik ke arah DPT, tapi karna terasa jaoh, jadi kita turun lagi, padahal ya pnasaran banget.. Stelah itu kita mencoba obyek lain, yaitu kawah. Kawah yg paling dekat dari sini Kawah Sikidang.

Biaya masuknya 6rb/org, mahal uey.. tapi tempatnya lumayan bagus. Sebauh lobang besar yg berisi lumpur panah yg terus mengepul n mengeluarkan asap.

Di sekitarnya juga ada yg kecil2, tapi cuma air anget kayak di Gedong Songo kmaren. Karna cuaca makin panas n capek, jadi kita memutusnkan untuk pulang. Perjalanan jauh lebih dekat karna sudah di beri petnjuk sama saudaraku buat lewat Sapuran n Borobudur. Jadi begitu sampai pasar Kretek, ambil arah lain(bukan leawt Temanggung lagi). Walaupun medannnya lumayan berat.. Jlaan yg sempit, naik turun, berlobang, banyak truk pula. Tapi di tangan Doni pasti sampai dengan aman.

Sebenarnya kita sam2 luaper, tp malah makan begitu sampai muntilan. Makan Gado2 di dekat sekolahnya Doni dulu, SMK PL Muntilan. Habis makan ke Terminal ambil motor, trus pulang ke rumah masing2 dg kondisi capek..tapi seneng banget, great touring deh pokoknya.. Thanks ya Don..