Senin, 21 Juni 2010

Pengen aja ke Tawangmangu

Bermodal nekat, aku sama sahabatku, Coco, mencoba touring ke Tawangmangu, padahal belom pernah kesana sama sekali sebelumnya lho!
Kita berangkat pagi2 jam5 menembus dinginnya pagi di jalan solo. Karna sebelumnya udah tanya jalan ke temenku yg rumahnya di Klaten, jadi gak ada masalah... Begitu sampek kota solo, jalannya mulai mbulet, udah searah, petunjuk jalan juga gak jelas. Stelah tanya jalan 2x, akhirnya nemu juga jalan ke Karanganyar. Disini jalannya tinggal lurus aja, tapi lama2 ya nanjak juga.

Obyek pertama jelas air terjun di tawangmangu. Karna kita pertama kalinya kesini, jadi gak ngerti parkirnya, Sembarang aja ikut parkir, eh ternyata masih harus jalan jaoh.. habis masuk retribusi, masih aja jalan jaoh ke bawah, bahkan aku sempat kepleset, untung aja aku pegangan, jd gak jatoh.


Sayangnya sekarang lagi rame banget, lagi libur skolah sih.. Jadi cuman maen bentar, gak sempat basah2an, gak bawa ganti juga sih.. ni mencoba mendekat dengan air, tapi hape jg basah,hehehe...
Stelah bermain2 dengan monyet bentar, kita kembali ke parkiran dg kondisi kelaparan karna belum sarapan, mana jalan naik.. Dari parkiran langsung nyari sate kelinci yg buanyak di pinggir jalan. Untungnya yg kita pilih ini tempatnya enak, rasanya juga enak. Kalo harganya, wah lupa???
Habis kenyang kita kembali ke arah candi, turun dari tawangmangu. Dari gapura petunjuk candi, ternyata perjalanan masih jaoh... sempat di tarik retribusi 2x, huh!! Tapi pemandangannya oey... keren abis! Ngelewatin kebun teh yg keren...


Tapi siap2 motor harus fit, karna tanjakannya gak kalah menarik dari pemandangannya! Tanjakan paling pol pas sebelum sampek Candi Cetha. Jd begitu sampek parkiran, kita bisa liat pemandangan kebun teh tadi, asal gak berkabut.

Candi ini unik lho, gak kayak candi2 lain. pintu ato gapuranya bertumpuk2 sejajar dan bertingkat. Wah sori bahasa n fotone kurang jelas, mending kesini langsung aja kalo pengen jelas,hehehe..
Unik deh pokoknya ni candi, lain daripada yang lain.. Di bagian paling atas ad kayak piramid gitu, gak tau persis namanya apa.. Ni kalo dilihat dari samping belakang:

Ni pintu masuknya, tapi pintu gerbangnya gak dibuka ni. Ada peringatan tu di kanan bawah, cuman lupa itu tulisan apa...

Jika keluar lewat pintu samping kiri, tepat sebelum puncak candi ini, bisa menuju ke Candi Kethek dan Puri Taman Saraswati. Kalo Puri Taman Saraswati belok kanan, cuman naik dikit dari Candi Cetho. Kalo mau masuk harus lepas alas kaki, karna sbenernya ni tempat buat doa, tapi aku cuman lait2 aja. Apalagi karna Coco gak mau ikut masuk, jadi gak isa nampang di dpan patung Saraswatinya,huhu... Padahal aku kesini gara2 liat foto temenku Inta sama cowoknya foto di depan patung cantik itu, bagus banget!!! Mupeng banget deh pokoknya..

Di sebelah kanan, sebut saja begitu karna aku buta arah angin disini, ada semacam gubug yg udah sampek lumutan gitu, kayaknya keramat n udah lama banget, sayangnya lupa gak tak foto. Kalo penasaran kesini aja,hehehe..

Sedangkan Candi Kethek beda arah, jadi dari arah Candi Cetha tadi ambil kiri, ada petunjuk arahnya kok.. Tapi jarak kedua candi ini lumayan jaoh, harus lewat jalan setapak sejauh 15m.

Pakek nyebrang sungai pula.. Untung aja waktu itu sungainya kering. Saran aja sih, kalo udah renta jangan kesini, jalannya naik turun n cuman jalan setapak kayak mau 'ngarit' ato cari rumput di kebon,hahaha...

Candi yg ini juga unik lho, Undakannya nempel sama terasiring tanahnya. Susunan batunya juga gak di rekatin kayak di candi lain. Jadi ya cukup meragukan untuk di daki.. Tapi ada jalan di sebelah kanan kalo penasaran sampek puncaknya.


Yang juga aneh ni, di undakan tertinggi cuma ada rumah2an kecil yang isinya sesajen. Entah dulu ada patungnya ato gak.. Trus knapa di kasih nama Candi Kethek ya? Tadinya aku pikir disini banyak monyetnya, secara arti 'Kethek' dalam bhs Indonesia itu monyet. Hmm.. penasaran ni...

Habis dari sini kita pulang, itu juga Coco dah ngomel2 kecapekan,wkwkwk.. Sbenernya sih pengen ngegantiin nyetir, cuman motornya gede, jadi gak brani, palagi medannya cukup berat juga. Secara umum perjalanan cukup lancar. Cuman pas di Kota Solo sempat macet, sumpek banget. Jadi kita istirahat bentar sambil beli minum. Stelah masuk jogja sebelum prambanan, aku milih belok utara/kanan biar lebih dekat menuju rumahku. Pemandangan pas bagus, ada sunset tuh.. Jadi brenti bentar buat foto, ni hasilnya lumayan to...
Tepatnya posisiku di utara Jalan Solo, sbelah barat menuju Candi Prambanan, sbelah timur menuju Candi Plaosan, sebelah utara bisa liat Gunung Merapi, sekeliling sawah cukup luas.
Habis itu Coco minta aku yg nyetir motor, karna aku masih kikuk banget pakek koplingan, pas di perempatan aku grogi, salah belok, dan langsung aja berhenti, kapok,kakakakak..

Sebelum sampai rumah, aku minta beli makan dulu di bakso perempata Sidorejo, Selomartani, Kalasan. Disini lumayan enak lho, ada es campur kesukaan Bapakku juga.
Begitu selesai makan, aku di anter kerumah dengan selamat dan Coco masih harus melanjutkan perjalanan skitar 45menit lagi ke Kulon Progo, rumahnya..
Makasih banget ya...

8 komentar:

  1. wow keren... jadi pengen ke situ. mirip pura di bali ya candinya

    BalasHapus
  2. pokoknya gak bakalan nyesel deh kak..
    Tapi siap2 motor aja, tanjakkannya manteb tuh!

    BalasHapus
  3. sory, postingan pertama salah, saya pikir penulisnya cowok, ternyata cewek, saya pengen bgt ke sana, saya orang jatim, tapi tinggal di jakarta, lagi ngumpulin info tentang tawangmangu, yang katanya medannya serem, thanks ya, sukses for you

    BalasHapus
  4. kalo ke tawangmangunya aja sih gak seberapa serem tanjakannya, yg lebih mantap itu jalan ke candi cetha.

    BalasHapus
  5. hyuda: ku akui emang keren ...hampir tiap tahun aku maen kesana .gak ada bosene.. sambil silaturohmi tempat saudara + liburan . hehee

    BalasHapus
  6. betul sekali,pengen bisa ke tawangmangu lagi...

    BalasHapus
  7. Karanganyar (Tawangmangu) punya seabreg lokasi wisata yang sekarang makin banyak lagi. Jika pecinta pemandangan dan jalan2 disini masih banyak yang musti dikunjungi.
    Diantaranya:
    - Air terjun jumog
    - Air terjun parang ijo
    - Cemoro Sewu n cemoro kandang
    - Telaga Sarangan
    Silahkan di browsing2 dulu, kalo ada waktu dikunjungi.hehehe

    BalasHapus
  8. Browsingnya sih udah, cuman belum kesampaian kesana lagi. Rencana Tahun baruan mau maen kesana, moga2 aja gak batal.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...