Rabu, 23 Maret 2011

Cari2 Candi Kecil Deket Rumah


Melanjutkan touring candi2 sebelumnya bersama Arum, kali ini aku ngajak pacarku waktu itu(baca: mantan). Karena tempat tinggalku di Ngemplak Sleman, jadi gak jauh2 buat nyari candi. Namun pencarian ini dilakukan selama dua hari yg berbeda.

Pertama, 16 Mei 2009

Tujuan pertama ialah Candi Kalasan, karna sudah berkali2 lewat Jl. Solo di daerah Kalasan,tapi belom pernah mampir. Karna Candinya cukup tinggi, jadi keliatan waktu berhenti di pertigaan. Tepatnya di kanan jalan dari arah Jogja, masuk gang kecil, langsung masuk area Candi. Karna kecil, bayar tiketnya juga murah. Motor bisa dmasukkan area, trus d parkir d bawah pohon besar.

Walaupun berdiri tegak, tapi setelah didekati, keliatan banget kalo rapuh, banyak dinding yg rontok..(mungkin gara2 gempa) Terlihat juga tempat2 yang kosong, padahal sebelumnya pasti ada arca di situ. Seperti biasa, aku menggantikan posisi arca:

Setelah keliliing2,karna takut masuk, kita bertanya2 sama bapak penjaganya. Trus katanya aman kok buat dimasukin, ok deh...kita masuk.. Tapi hati2 aja ya, tangganya berantakan, beberapa batunya gak menempel, bahaya tuh kalo sampek jatoh.

Di dalam cuman ada satu ruangan, yang terlihat hanya tempat(spt altar) yang kosong, sepertinya dulu ada arca besar disitu.

Oh ya, walaupun pengap, tapi ruangan tidak begitu gelap lho. Taukah apa penyebabnya? Liat aja atapnya:
Bagus ya... bentuk piramid atapnya jadi keliatan jelas karena sinar yang masuk..
Daripada di pikir macem2 di dalem(cowok-cewek), kita gak lama2 deh.. Masih ada candi lain yang harus di kunjungi. Cabut...

--Sebenarnya di dekat Candi Kalasan ada juga Candi Sari, letaknya hampir berseberangan. Tapi kapan2 aja deh..--

Tujuan kedua yaitu Candi Sambisari, walaupun pernah kesini sebelumnya, tapi karna ini merupakan candi favoritku, jadi ya kesini lagi... Gampang aja, masih menyusuri Jl Solo, tapi ke arah Jogja. Sebelum sampai Bandara Adisucipto, ada petunjuk ke kanan(arah utara). Dari situ masuk aja sampek mentok, sampek deh..

Setelah parkir di kiri jalan, trus masuk pintu utama, beli karcis dulu... Yang bikin aku suka ya warna rumputnya yg hijau... Harusnya ini yang punya nama Candi Ijo, bukannya yang di atas Bukit Ijo gersang,hehe..



Gak banyak yang kita lalukan disini, cuman foto2 kayak anak kecil gitu deh.. Entah karna alasan apa waktu itu kita terpaksa pulang, lalu melanjutkan beberapa hari kemudian.

Kedua, 28 Mei 2009

Hari kedua coba ke Candi yang paling deket, Candi Gebang. Sebenarnya ini kedua kalinya aku berkunjung setelah pencarian panjangku. (Sempet nyasar berkali-kali waktu nyari)

Nah, disini aku sempet tanya2 sama petugasnya tentang candi2 lain yang mungkin belum kukenal. Ada beberapa candi yang beliau sebut, agak lupa sih.. diantaranya Candi Sambisari,(bekas)Candi di pemancingan, Candi Kedulan, dan Candi di daerah Cangkringan.

Akhirnya kita putuskan mencari di Cangkringan(Daerah yang paling parah terkena awan panas erupsi Merapi 2010). Walaupun buta tentang daerah ini(sekarang sih udah apal, 2011) , tapi seingatku aku pernah ke daerah ini bareng temenku sekali. Nekat aja deh..

Dari rumahku ke arah Cangkringan lancar, gak pakek nyasar2. Sampek Cangkringan yang ditandai dengan kolam2 ikan, aku mulai liat kanan kiri. Lah kok gak nemu-nemu petunjuk ya??? Setauku selama ini,setiap candi pasti ada petunjuknya di jalan besar. Jadi kita teruuuusss.... aja, walaupun jalanan makin menanjak, mulai gelap pula. Tapi kalo liat papan2 di pinggir jalan, tulisannya masih Cangkringan,weleh2 luas amat ya..

Pemandangan yang indah bikin aku makin penasaran, tancap gas teros... Akhirnya sampailah kita di jalan buntu. Sebenarnya ini bukan jalan buntu, tapi tertutup oleh sebagian kecil muntahan material Merapi waktu erupsi tahun 2006 lalu. Lebih tepatnya kita sampai di Bebeng atau biasanya disebut Kaliadem.

Sudah terlanjur sampek sini ya udah, motor di parkir, trus jalan ke atas. Oalah ternyata ini to tempat tewasnya 2orang di bunker. Makhlum dulu jarang banget pergi2, jadi gak ngerti daerah ini. Setelah berfoto2 sebentar, langit makin gelap, kita turun karna takut nyasar pulangnya.

Waktu di parkiran kita sempet tanya sama yang jaga, apa ada jalan laen yang lebih bagus?? ternyata bisa, nanti nembus jakal(baca: Jalan Kaliurang). Oke dah, kita turun sampai nemu perempatan, trus belok kanan. Gelap2 gini barengan sama truk2 pengangkut pasir, kita lewat jalan rusak parah(sekarang udah bagus,2011).
Gak lama kemudian nemu juga jakal, kekhawatiran langsung hilang, kan tinggal turun terus aja..

Tambahan:
1. Ternyata candi yang dicari ada di Sindumartani, dekat Kali Gendol, 17,5km dari puncak Merapi, hampir tersentuh awan panas erupsi merapi 2010. Aku baru tahu pas liat daerah2 korban itu. Ternyata deket dari rumahku,weleh2..
2. Jalan waktu pulang memang sudah diperbaiki, tapi jembatan Kali Opak, tepatnya sebelah timur Merapi Golf ambrol waktu erupsi merapi 2010. Mungkin masih dalam perbaikan, karna banjir lahar dingin masih terjadi.
3. Pasca erupsi merapi 2010, jangan cari lagi kaliadem, karna udah rata. Bingung letaknya sekarang dimana, yang ada cuman batu sama pasir.

3 komentar:

  1. candi sambisari juga termasuk favortiku karena tempatnya sangat rapi.. kalo candi kalasan ini keliatan angker, tua, tapi rapuh..

    BalasHapus
  2. Ternyata waktu kecil aku sering lewat sambisari, udah gede baru nyadar kalo bagus.
    Iya sayang banget itu candi kalasan..

    BalasHapus
  3. Abis dari Candi Sari, aku ke Candi Kalasan :D
    Liat ada tangga masuk ke dalam candi, meskipun berantakan,, tanpa ragu tanpa tanya2 aku langsung naik dan masuk !!
    dan ternyata...
    bauuu.....
    jadi agak ilfeel sama candi, hehe.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...