Kamis, 29 Juli 2010

Apakah yang Menarik dari Batu2 itu ?

Awalnya aku gak suka berkunjung ke candi2, apalagi yang cuman kecil2 ato belum tertata. Bahkan aku heran karna Kak Andre sering menanyakan candi2 kecil yang gak terkenal itu. Akhirnya lama2 aku mencoba mencari tau apakah yang menarik dari batu2 itu? Padahal bentuk, warna, ukuran semua hampir sama kan...

Untuk itu diperlukan teman untuk keliling, cari yang deket aja. Tujuan pertama yaitu Candi Gebang yang amat sangat dekat dengan kampus Paingan. Rutenya jelas dari kampus, ke arah Stadion Maguwa, di perempatan utara stadion belok kanan. Nah ntar habis jembatan ada petunjuk Candi Gebang di kiri jalan, masuk aja... sampai mentok di petigaan yang ada tugu segitiganya belok kiri sampek mentok. Nah awalnya aku bingung karna jalannya sekilas seperti buntu, ni nyasar apa ya??? Ternyata jalannya cuman tanah, masuk ke kanan aja, ntar juga nemu candinya.

Tapi ada rute lainnya juga lho, kalo lewat ringroad utara, dari arah barat(perempatan terminal Condong Catur), sebelum perempatan UPN, ada jalan masuk sebelah kiri. Papan yang paling mencolok tu Perumahan Candi Indah. Nah masuk aja terus.... sampek ada turunan, persis habis turunan, ada petunjuk ke kanan jalan Candi Gebang, tapi papannya cuman kecil. Yang besar lagi2 papan Perumahan yang kanan jalan, ato gak ya patokannya belok kanan sebelum warung burjo (langgananku waktu masih punya pacar di daerah sini, pelayanan ramah dan tentunya murah). Masuk dikit ntar ada persimpangan, pilih yang kiri walaupun jalannya gak meyakinkan. Nah dari situ ntar juga mentok sampek aspal habis trus belok kanan juga.

Candinya kecil, tapi cukup terawat, ada petugas yang jaga kok. Waktu itu (4 Feb'09) sih masuknya gratis, tapi skarang kayaknya mbayar deh.. Candi ini deket banget lho sama Stadion Maguwa, cuman di batesin sungai aja, tuh keliatan di belakang:


Seperti candi2 lainnya, dalamnya terdapat rongga yang biasanya ada patung ato yoninya. Tapi anehnya disini gak ada tangga buat naik, jadi kudu manjat dulu. Karna aku orang sopan, jadi gak masuk, lagipula lobangnya kecil..
Kalo di dinding luar, ada patung Ganesha sama patung cewek tanpa kepala. Entah siapa yang tega mengambil kepalanya, jadi gak ketauan deh ceweknya cantik ato enggak..


Oya, disini suasananya enak banget, udara masih sejuk karna selain dikelilingi sawah, di kompleks candi ini juga banyak pohon, bahkan pohon di atas tempat duduk ini besar banget lho, klo gak salah inget ni pohon Sukun. Enak banget deh kalo ngelamun disini,hehehe..

Tujuan kedua gak seberapa jaoh juga, yaitu Candi Sambisari. Candinya lebih besar dari pada yang pertama tadi. Rute yang aku tempuh, dari jalan di depan Stadion Maguwa lurus sampai Perempatan Tajem, lurus aja(ke arah timur) dengan jalan yang agak menyempit dan belok2. Ikutin jalan utamanya sampai menemukan pemancingan di kanan jalan. Setelah melewati jembatan, jalan agak menanjak dan ada petigaan T, kalo ke kiri arah Perumahan Purwomartani, jadi belok ke kanan(selatan). Ikutin jalan ini sampai pertigaan lagi, jangan belok ke kiri, karena jalan utama ini akan memutar menghindari candi, jadi lurus aja walaupun jalannya lebih sempit dan agak jelek. Nanti akan masuk ke daerah candi, jalan sempit dan tidak cukup buat mobil. Jalan ini akan melewati sebelah barat candi, sampai ke bagian selatan. Jadi dari jalan saja sudah kelihatan. Tapi lebih baik parkir dan masuk lewat pintu yang ada di selatan candi.

Tapi ada rute lain kalau lewat jalan Solo, dari arah barat(kota jogja), sebelum Pangkaalan Angkatan udara belok ke kiri. Sebenarnya ada petunjuk di pembatas jalan yang ada di tengah, berwarna putih tapi seperti biasa hanya kecil. Dari situ tinggal lurus saja, langsung sampai pintu masuk candi.

Seingatku masuk Candi ini harus membayar 3rb untuk dewasa, dan 1500 untuk anak2. Wah cukup mahal juga untuk candi kecil ini, tapi gak kecewa deh begitu masuk, karna hijaunya rumput membuat pemandangan cerah, sangat cocok dengan warna batu candinya. Tapi letaknya di bawah, karna dulu terpendam. Jadi kudu menuruni tangga.


Ada 1 candi utama dan 3 candi kecil yang tidak utuh. Bahkan di candi utama arcanya pada ilang, daripada 'mlompong', mending tak jadi arca dulu ah...
Karna pada dasarnya aku dan Arum sangat menyukai warna hijau, jadi kita sempat2kan berfoto ria di rerumputan sekitar tangga, hasilnya lumayan lah walaupun hanya dengan kamera hp SE w850i.

Tujuan berikutnya, yang juga ditempuh hari berikutnya ialah Candi Kedulan. Untuk letak yang satu ini aku perlu menanyakan informasi ke Bapakku, karna letaknya juga tidak jauh dari rumahku. Dan susah untuk menjelaskan rute dari rumahku, karna lewat desa2... Tapi kalau mau kesana lewat Jalan Solo paling mudah, lihat aja papan petunjuk di tengah jalan, kalau dari arahn jogja sebelum sampai Kalasan, masuk ke kiri, nanti sebelum menembus Jalan alternatif Magelang-Solo ada petunjuk di kanan jalan lagi, nah masuk ke kiri sampai mentok, trus belok kiri, jalan udah tanah.

Dan jangan kecewa karna candinya belum tersusun rapi seperti di sambisari. Candi Kedulan juga terletak di bawah karena terpendam, kalau musim penghujan akan terndam air, sungguh menyedihkan. Di sekitar 'tampungan air' itu, masih banyak batu2 yang belum tersusun juga. Kondisinya benar2 mengharukan. Ya udah aku gak berlama2 di sini, sungkan sama yang jaga.

Oya sebelumnya minta maaf karna foto2 di Candi Kedulan ini menghilang entah dimana, masih dalam tahap pencarian ni. Nanti kalo ketemu langsung aku update lagi.

Kesimpulan akhir dari penelusuran pertama ini, aku gak ngerti harus jawab apa, tapi emang aura dari candi ini jadi pengen balik lagi. Dengan bagitu aku melanjutkan penelusuranku ke candi2 lainnya..

3 komentar:

  1. nah itu candi gebang, sementara ini kalo ke jogja nyari candi yang satu itu tapi belum ketemu..

    tukeran link yuk

    BalasHapus
  2. ikutin petunjukku itu aja, gampang kok..
    pertama kali aku juga pakek nyasar sih.
    ok2 pasang aja..

    BalasHapus
  3. wah candi gebang, candi deket kos ku. di blakang stadion maguwo tu. aku perna ke situ tapi tutup

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...